Kecenderungan Karakter Bukan Mutlak

Tim RBeBe - 31 October 2023

Berbagai Tipe Generasi

Ada yang bilang generasi X itu orang-orang yang skeptis, generasi Y mudah stres, Z yang tidak suka dibatasi dan Alpha suka yang instan. Gambaran tentang karakteristik tiap generasi yang disampaikan para ahli tentu ada benarnya dan membantu memahami karakter seseorang untuk disikapi dengan tepat. Namun semua itu adalah ke"CENDERUNG"an. Bisa saja diilustrasikan seperti seperti: wanita (cenderung) berambut panjang, pria (cenderung) berambut pendek, orang kota (cenderung) update teknologi, orang desa (cenderung) ketinggalan teknologi dan seterusnya, nemun bukan "MUTLAK". Bahwa wanita ada yang berambut pendek, pria berambut panjang, orang kota gagap teknologi, orang desa ahli teknologi dan seterusnya.  

"Kecenderungan" bukan "Mutlak", masih ada yang 'tidak seperti kebanyakan' atau 'yang berbeda'.

Yang Ini Sama

Dari berbagai karakter antar generasi, hal yang masih tetap sama adalah perilaku seseorang itu bisa baik atau buruk, seperti:

  • Bertanggungjawab atau Tidak Bertanggungjawab.

  • Tepat Waktu atau Tidak Tepat Waktu.

  • Komunikatif atau Tidak Komunikatif.

  • Jujur atau Bohong.

  • Pekerja Keras atau Malas.

  • Sombong atau Rendah Hati.

  • Bermewah atau Sederhana.

  • Bahagia atau Menderita.

  • Berproses atau Instan

  • Baik atau Jahat, . . dan seterusnya. .

Kenyataan Saat Ini

Banyak manusia yang tidak berkualitas, buruk dan negatif, itu nyata, namun tiap orang berhak menentukan sikapnya. Pilihan di tangan masing-masing. Harapan tentu masih ada. Cahaya masih terlihat, walau seringkali setitik. Masih ditemukan keberadaan pribadi-pribadi yang berbeda (secara positif) dari orang kebanyakan. Mereka bisa bertanggung jawab dan berkomunikasi dengan baik, (cukup) seimbang dalam hidup, pekerja keras, rendah hati, hidup sederhana, bisa menghargai orang, baik hati pula. Mereka masih ada! Kamu bagaimana?

Semangat Bertumbuh

Untuk kita semua, mari menghilangkan kecenderungan negatif. Saat ini memang zaman serba instan, praktis dan digital. Orang mau enak, senang, cepat dan seterusnya, banyak godaan dan gaya hidup buruk. Tentu kalau arus mengarah ke negatif, tidak harus diikuti bukan? Tentu perlu perjuangan agar bisa melawan arus negatif. Mari berjuang ke arah yang (lebih) positif. Nilai-nilai kebaikan tidak akan berubah sepanjang masa. Saling menghargai, bertanggungjawab, inisiatif, komunikatif, jujur, komitmen, fokus, hidup efektif, solutif, sehat, sederhana adalah hal-hal yang akan selalu baik untuk dilakukan. 

Untuk yang pusing menghadapi sikap buruk seseorang, semoga tetap sabar dan memberi keteladanan dengan cara yang trendi, cerdas dan bijak, agar dapat dipahami serta menular kepada mereka. Kita perlu lebih sabar dan ikhlas dalam merangkul serta terus meningkatkan kualitas diri dengan tulus konsisten. Semua kebaikan yang kita perjuangkan pasti akan berbuah baik. Mari jadi cahaya, memberi arah baik, bukan menjerumuskan tetapi menyelamatkan dan membangun. Mari berjuang. Kiranya bermanfaat. Terus semangat.

(Tim RBeBe)