Kapal Selam

Tim RBeBe - 03 May 2024

Seperti namanya, Kapal Selam adalah kapal yang bisa menyelam di bawah permukaan air . Awalnya dipakai untuk kepentingan militer dibawah angkatan laut namun saat ini kapal selam non militer banyak digunakan untuk penelitian dan penyelamatan. 

Sejarah Terciptanya Kapal Selam

Dilansir dari Kompas.com awalnya seorang ahli matematika asal Inggris, Williama Bourne yang pertama kali berencana membuat kapal selam pada 1578. Namun akhirnya pada abad ke-17 Drebbel-seorang polimatik asal Belanda dan penemu yang bekerja untuk Raja Inggris James I-mewujudkannya. Tahun 1620, kapal selam Drebbel masuk sedalam 4,6 meter di bawah sungai Thames.


Sejak saat itu mukai bermunculan pembuatan kapal selam oleh penemu-penemu dari dari berbagai wilayah di dunia.

Rancangan kapal selam modern pertama bernama Nautilus, dibuat oleh Robert Fulton  tahun 1800

Kemudian tahun 1855, Wilhelm Bauer berhasil membuat kapal selam setinggi 52 kaki yang bisa dimasuki puluhan awak.

Kapal selam modern akhirnya terwujud oleh John Philip Holland tahun 1878 untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal selam Holland dibeli secara resmi pad tanggal 11 April 1900 dimana pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun kapal selam.

(John Philip Holland 1840-1914)

Ironisnya bahwa Holland yang anti perang awalnya menciptakan kapal selam dengan maksud untuk melumpuhkan kapal perang bukan untuk menghancurkan dan sebagai alat perang.

(Tim Rbebe)