Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratisan

Tim RBeBe - 29 May 2022

Hari gini, banyak hal gratisan yang bisa kita manfaatkan, termasuk aplikasi handphone/hp pelajaran bahasa Inggris yang bisa di download/unduh di Internet (tentu saja memerlukan sambungan internet ya, tapi kalau mau gratis juga ya bisa aja numpang/nebeng wifi ;-). Berikut contoh aplikasi hp gratisan (klik warna biru untuk download langsung):


Klik Google Translate

Ini keren dan canggih banget, wajib punya, tinggal download! Aplikasi ini menterjemahkan bahasa Inggris (dan bahasa lainnya bahkan ada bahasa Jawa lho!) ke bahasa Indonesia atau sebaliknya dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Caranya dengan menulis/mengetik, merekam  suara bahkan dengan memfoto tulisan. Dulu untuk melakukannya kita perlu alat yang berharga sampai jutaan, sekarang google menyediakan gratis dan lebih canggih pula.

Klik Duolinggo

Menambah perbendaharaan/kosa kata bahasa Inggris (juga tersedia bahasa lain seperti Jerman, Perancis dll), melatih kemampuan pengucapan (pronunciation), kemampuan mendengar (listening) disertai berbagai kuis dengan gambar yang menarik. Terdapat juga fitur alarm untuk menentukan target belajar siswa.

Klik HelloTalk

Kita bisa belajar bahasa Inggris (juga terdapat bahasa lain seperti China, Italia dll) dengan obrolan /chatting langsung dengan seseorang dari negara lain seperti kalau kita WA atau sms an. Saat kita mulai mengetik maka HelloTalk akan mendeteksi itu dan akan memperbaiki bila terdapat kesalahan. HelloTalk juga akan mengkonversi suara ke teks atau teks ke suara, bisa japri (pribadi ke pribadi/personal) maupun di dalam grup.

Klik Cake

Aplikasi ini menyediakan berbagai percakapan bahasa Inggris yang diambil dari berbagai potongan film, dimana disediakan teks bahasa Inggris dan terjemahan bahasa Indonesianya. Tersedia juga fitur pronunciation atau kemampuan pengucapan bahasa Inggris dengan menggunakan alat rekam pada hp kita.

Klik English Verbs

Tahu kan kalau kata 'see', 'saw' dan 'seen' itu walaupun artinya sama-yaitu '[melihat'-, namun berbeda penempatan pada kalimatnya? Aplikasi ini memungkinkan kita mempelajari kata kerja bahasa Inggris biasa dan tidak teratur: 

  • Bahasa Inggris Regular dan Irregular Verbs.

  • Bentuk Infinitif, Simple Past and Past Participle.

  • Konjugasi Verb untuk:
    Present (Simple Present, Present Continuous, Present Perfect, Present Perfect Continuous), Past (Simple Past, Past Continuous, Past Perfect, Past Perfect Continuous),
    Future (Simple Future, Future Continuous, Future Perfect, Future Perfect Continuous),
    Conditional (Conditional Simple, Conditional Continuous, Conditional Perfect, Conditional Perfect Continuous).

  • Contoh, definisi, pengucapan dan pemberitahuan, dll

Ada 8 aplikasi lagi yang akan dibahas.., artikel ini belum selesai...