Tips Puasa Bulan Ramadan

Tim RBeBe - 11 May 2024

Ini momentum untuk hidup (lebih) sehat, harapan setiap orang. Hidup berkualitas dengan pola hidup yang baik, jasmani maupun rohani, fisik maupun psikis.

Yuk Hidup Teratur

Karakter Penciptaan adalah keteraturan, pagi, siang, malam, mekanisme tubuh, siklus kehidupan dan seterusnya. Keteraturan yang positif dan terukur, baik sekali bagi kesehatan.

Siap Dengan Perubahan Jam Biologis

Adanya kegiatan puasa, sahur, waktu buka serta salat tarawih membuat kita harus mengikuti perubahan aktivitas dan jam biologis. Atur jam istirahat dan kurangi aktivitas yang tidak perlu.

Makan Minum Sehat & Tepat Saat Puasa

Klik Pemahaman Puasa, Kesehatan dan Jenisnya (rbebe.id) 

  • Porsi makan secukupnya

  • Minum cukup dan sehat (seperti minum air hangat saat bangun tidur, 30 menit sebelum makan, hindari kafein saat berpuasa, air putih lebih sehat)

  • Makan berserat, bernutrisi dan bervitamin (seperti buah, sayur, protein hewani dan nabati, ikan, telur, daging)

  • Hindari makanan kaleng, makanan (mie) instan, makanan beku, makanan cepat saji

  • Konsumsi karbohidrat kompleks karena lambat cerna (seperti oat, gandum, kentang, kacang polong, jagung, ubi jalar, pisang, apel, singkong) 

  • Bagi yang bermasalah lambung, hindari makanan yang menimbulkan gas tinggi, dengan kandungan karbohidrat dan laktosa yang tinggi, (seperti kacang, biji-bijian, kol, kubis, brokoli, asparagus, jamur, apel, pir, susu, keju) 

  • Batasi asupan gula (manis) dan garam (asin)

  • HIndari konsumsi soda dan alkohol

Klik Kesehatan Makan Minum

Klik Takaran Gula, Lemak & Garam

Aktifitas Fisik 

  • Tetap lakukan aktifitas fisik secukupnya. 

  • Untuk menghindari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), olahraga lebih baik tidak saat waktu puasa, kalaupun mau berolahraga saat berpuasa, lakukan menjelang waktu berbuka

  • Olahraga disesuaikan dengan kondisi dan stamina

  • Olahraga raga jalan kaki, bersepeda adalah olah raga ringan yang baik dilakukan

Hindari Dehidrasi

Kekurangan cairan bisa menyebabkan mulut kering, terasa pusing, rasa lemas, saat buang urin air terlihat gelap pekat, tekanan darah rendah sampai gangguan ginjal. Untuk menghindari itu minum air yang cukup sebelum puasa dan saat berbuka, hindari kafein, seperti teh dan kopi karena memicu cepat buang air kecil, batasi garam dan gula yang dapat memicu rasa haus, konsumsi buah, sayur yang penuh cairan bervitamin dan batasi aktivitas fisik yang memicu keringat berlebih khususnya saat waktu berbuka masih lama. 

Usahakan Istirahat Cukup

Tidur lebih awal agar cukup tidur sebelum sahur. Biasakan jam biologis ini, tidur siang bisa dilakukan secukupnya. Istirahat cukup dilakukan agar tubuh senantiasa fit.

Kelola Stres & Berpikir Positif.

Dengan aktifitas rohani, maka kita banyak diingatkan dan dibiasakan untuk berada dalam kondisi tenang, damai. Kegiatan ibadah bukan rutinitas belaka, namun nyata dampaknya. Manfaat secara psikologis dan kebiasaan baik juga begitu banyak, sudah tahu khan? 

Klik Susunan Materi Ramadan-Puasa (rbebe.id). Kiranya bermanfaat, terus semangat.

(Tim RBeBe)

Kritik saran mohon sampaikan kepada kami

Mari bersama (klik) Wujudkan 100 Materi Belajar Bagi Masyarakat.