Coding, Programing, IT, Python, Java, C++

Tim RBeBe - 18 May 2024

"Antara bahasa pemograman python, c++, java mana yang lebih perlu untuk pemula?" Tanyaku polos, ingin tahu karena banyak tawaran video belajar di youtube.

"Kalau dari nol pemula, langsung aja belajar python mas," kata cak Arif, founder cirruscode.com dan project manager gravcode.com 

"Karena sama-sama perkembangan dari C, tapi python lebih populer, lebih dicari saat ini, juga beberapa hal lebih mudah daripada java," tambahnya.

Jawaban itu sebetulnya sudah bisa ditebak, aku hanya memastikan saja dengan konco lawas (kawan lama) cak Arif. Di saluran Youtube 'Kelas Terbuka'-yang dibuat oleh kang Pukis-, sudah membahas mana yang lebih mudah untuk pemula. Aku ga kenal kang Pukis tapi mengagumi pengetahuannya dan cara dia mengajar. gokiiil, seru, lucu! Aku tanya cak Arif untuk lebih yakin saja.

Walau kang Pukis sendiri menyarankan belajar Python dan membagikan ilmunya, di saluran Kelas Terbuka, kang Pukis juga membahas tentang Java dan C++. Langsung saja kunjungi saluran Kelas Terbuka di https://www.youtube.com/c/KelasTerbuka/featured Kalau mau melihat penampakan Python, Java dan C++,  Rbebe sudah memilihkan sejarah dan video pendahuluannya di http://rbebe.id/belajar/kategori/pythonjavac++

Rakyat Indonesia jadi makin semangat menambah ilmu dan negara ini makin menyenangkan untuk belajar, jika guru-guru seperti kang Pukis ini, cerdas, gokil. Suwer!