Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 Lembar

Tim RBeBe - 14 May 2024

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP: adalah suatu penjabaran tentang kegiatan belajar yang akan dilaksanakan yang meliputi durasi belajar, media belajar, proses belajar dan sasaran /tujuan pembelajaran (termasuk rancangan kompetensi dasar). 

RPP bisa dibuat sendiri oleh pengajar atau guru yang bersangkutan atau oleh ketua program belajar. Dengan RPP seorang guru atau pengajar mendapat panduan jelas sehingga akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran 

RPP Satu Lembar 

Agar tugas guru menjadi lebih ringan dalam pembuatan RPP dan lebih fokus pada kegiatan mengajar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat panduan RPP Satu Lembar yang bisa dibuat lebih singkat. 

Klik Download gratis RPP 1 Lembar SD SMP SMA dipersembahkan oleh channel NANANG SRIYADI, pada keterangan video terdapat tautan untuk mengunduh file yang bisa dimodifikasi (dijelaskan pada videonya)

Penjelasan Ringkas Komponen RPP 1 Lembar

Format Isian:

Satuan Pendidikan  : ………

Kelas/Semester    : …………

Tema/Sub Tema      : ……

Alokasi Waktu     : …………

Tujuan Pembelajaran : …………

Kompetensi Dasar: …………

Langkah-Langkah Pembelajaran : …………

Penilaian Pembelajaran :  …………


Tentukan & Siapkan Materi

  • Tujuan pembelajaran

  • Materi dan metode belajar

  • Sumber belajar (Buku tematik atau buku yang telah ditentukan sekolah atau ketua program dapat menjadi rujukan)

  • Proses belajar

  • Konsep penilaian & evaluasi

Untuk menjadi 1 lembar perhatikan prinsip mudah dilaksanakan, efisien, efektif dan berorientasi pada siswa. Sesuaikan dan modifikasi dengan anda sebagai pengajar.

(Tim Rbebe 29.11.21)