PKBM, Siswa dan Gurunya

Tim RBeBe - 21 November 2022

"Saya putus sekolah karena ga ada uang," kata Delila. Sementara Rizky, yang bercita-cita jadi pemain bola, mengenang saat ia putus sekolah dulu, "Iya sekolahnya sih tidak bayar tapi LKS (Lembar Kerja Siswa) dan lainnya perlu biaya," jawab Rizky yang saat ini bekerja sebagai juru parkir.

Seperti Delila dan Rizky, Tri yang bekerja sebagai pengumpul sampah di wilayah suatu RW dan Ridho yang mempunyai cita-cita menjadi joki balap liar, mereka semua saat ini bersekolah di suatu PKBM/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Dengan waktu belajar yang fleksibel bagi pekerja, PKBM menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin menuntaskan pendidikan setara SD, SMP dan SMA atau mendapatkan ketrampilan khusus dengan biaya yang ringan tanpa mengorbankan pekerjaan.

Penggerak PKBM

Para staf dan pengajar PKBM giat 'menjemput bola', mencari anak-anak yang putus sekolah atau tidak bersekolah, agar bisa mendapatkan pendidikan setara SD yaitu paket A, setara SMP yaitu paket B, setara SMA yaitu paket C, serta Vokasi dengan berbagai pilihan pelatihan seperti menjahit, perbengkelan, komputer dan lainnya.

Guru PKBM direkrut dari berbagai kalangan. Mereka mengabdi dengan honor yang tidak besar bahkan minim. Dilansir dari Tirto.id November 2020, bahkan seorang tutor yang bekerja di PKBM wilayah Jakarta bisa mendapat honor antara 100 ribu sampai 300 ribu perbulan. Dalam keterbatasannya, mereka tetap berusaha melaksanakan tanggungjawabnya untuk mencerdaskan dan menaikkan derajat siswa-siswinya dengan harapan agar masa depan peserta didik menjadi lebih cerah.

Swadaya Masyarakat

PKBM adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Non Formal, terdapat juga PKBM Negeri yang dibentuk oleh pemerintah. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan. Pembiayaan operasional PKBM sebagian berasal dari dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan atau BOP dari pemerintah daerah. PKBM juga bisa berswadaya dan bergotong-royong serta mencari bantuan dan pemasukan lain dari berbagai pihak.

RBeBe, PKBM & Kita

Konsep Rumah Belajar Bersama atau RBeBe yang menyusun konten edukasi dan membuat berbagai program lanjutan, selaras dengan PKBM.  Klik Media & Edukasi Indonesia (rbebe.id).  Dengan demikian diharapkan PKBM mendapat dukungan agar lebih kaya dalam memfasilitasi pendidikan yang memerdekakan, memajukan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Klik video Rbebe Mitra PKBM/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Mari terus dukung pendidikan untuk masyarakat Indonesia yang lebih adil, makmur, sejahtera dan bahagia. Kitalah penentu masa depan diri, keluarga, bangsa dan dunia ini secara keseluruhan. Kiranya bermanfaat. Terus semangat.

(TIm RBeBe)

Masukan dan saran mohon sampaikan kepada kami.

Mari bergabung (klik) Wujudkan 100 Materi Belajar Bagi Masyarakat.