Pemahaman Puasa, Kesehatan dan Jenisnya

Tim RBeBe - 05 May 2024

Klik https://id.wikipedia.org/wiki/Puasa untuk penjelasan lengkap Wikipedia termasuk puasa menurut beberapa agama. 

Secara sederhana Puasa pada umumnya diartikan sebagai perilaku tidak makan atau minum atau keduanya dalam durasi waktu tertentu untuk tujuan kebaikan. 

Dalam kesehatan, bagi yang berbadan sehat, puasa yang menyehatkan fisik terkait dengan tidak makan dalam jangka waktu tertentu namun tetap minum air bening, karena asupan air adalah vital untuk mekanisme otak dan tubuh.

Dalam persiapan operasi biasa pasien diminta berpuasa selama 6-8 jam sebelum pelaksanaan operasi klik Pentingnya Puasa Sebelum Operasi, Ini Alasannya (halodoc.com)
Bagi orang dengan riwayat kesehatan tertentu, perlu pembatasan asupan air dan jenis makanan tertentu.
Breakfast diartikan sebagai makan pagi, namun arti per'kata'nya bisa diartikan sebagai break (bisa diartikan juga dengan memutuskan) dan fasting (puasa) dimana durasi tidak makan dan minum (sebelum tidur malam) sampai pagi bisa sampai 12 jam bahkan lebih.

Puasa Sehat

Puasa akan melatih psikis, mental dan fisik. Menurut penelitian, bagi yang berbadan sehat, puasa makanan (tetap minum air bening) akan menyehatkan tubuh. Penelitian yang dilakukan bahkan puasa makan dalam jangka waktu tertentu terbukti sangat sehat karena mampu memperbaharui sel tubuh yang dikenal dengan autofagi

Kondisi Tubuh Tanpa Makan Minum?

Diketahui bahwa:

  • Walau tubuh mengandung 60% sampai 70% air, namun manusia lebih sensitif kekurangan air daripada kekurangan makan.

  • Walau tubuh bisa bertahan tanpa minum 2 sampai 7 hari (menurut live science > kompas.com 4 September 2021), namun tubuh bisa kehilangan cairan dengan cepat dan mengakibatkan kematian. Dalam kondisi panas, berolahraga atau bekerja berat di bawah terik matahari, cairan tubuh bisa berkurang sampai 1,5 liter/jam. 

  • Tubuh bisa bertahan tanpa makan sampai 1 sampai 2 bulan. Semakin terpenuhi asupan air, maka ketahanan tanpa makan semakin lama.

Perlu Diperhatikan

Untuk berpuasa perlu tubuh yang sehat atau yang mampu berpuasa dengan tetap menjaga kadar air, kadar gula/glukosa dan tekanan darah. Perlu diperhatikan, hal-hal yang menimbulkan gangguan kesehatan pada saat puasa. Untuk puasa yang sehat, baik untuk diperhatikan:

  • Asupan makanan sehat, berserat, bergizi

  • Asupan cairan yang cukup, hindari dehidrasi

  • Gerak badan dan aktif seperti biasa (bila berolahraga berat yang menguras keringat, lakukan menjelang waktu berbuka)

  • Istirahat cukup

Usia dan Kondisi Tubuh

Untuk tujuan kesehatan tentu saja perlu berhati-hati puasa untuk usia tertentu, dengan daya tahan dan kesehatannya, khususnya bagi anak dan lanjut usia

  • Usia 7 tahun dianggap sudah cukup mampu  untuk belajar berpuasa (antaranews.com 30 April 2020). Anak di usia tersebut dianggap mempunyai daya tahan tubuh dan cadangan glikogen yang cukup untuk bisa mulai belajar berpuasa secara bertahap (mulai dari 6 jam dan seterusnya)

  • Untuk lanjut usia, bisa ikut berpuasa namun tetap perlu memperhatikan daya tahan tubuh, riwayat kesehatan dan penyakit yang ada. Bila ikut berpuasa dan terjadi gangguan kesehatan, maka puasa perlu dihentikan dan berkonsultasi ke dokter (akan lebih aman bila berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan puasa)

  • Kondisi tubuh tertentu dengan riwayat kesehatan yang harus diwaspadai seperti ibu hamil. penyakit diabetes, hipertensi atau lainnya, perlu konsultasi dokter agar dapat arahan yang baik dan aman.

Puasa Yang Populer di Indonesia

  • Puasa Berselang/Intermittent: Dengan tidak makan selama beberapa waktu namun minum air putih tetap bisa dilakukan (puasa ini mirip dengan puasa OCD yang dipopulerkan Deddy Corbuzier)

  • Puasa Ramadhan: Puasa dalam agama Islam, tidak makan dan minum dari waktu subuh (matahari terbit) sampai waktu maghrib (matahari terbenam)

  • Masa pantang dan puasa Prapaskah umat katolik yang berlangsung selama 40 hari.

  • Puasa Senin Kamis: Puasa setiap senin dan Kamis dengan cara puasa yang disesuaikan oleh yang menjalaninya

  • Puasa Mutih: Puasa dalam budaya Jawa, yaitu berpuasa dan saat berbuka hanya makan nasi dan air putih saja

  • Puasa Medis: Puasa makanan (tetap bisa minum air putih) yang dilakukan sebelum tindakan medis, seperti pemeriksaan kadar gula, kolestrol, metabolisme dan lainnya. Durasinya antara 8 sampai 12 jam.

Klik Susunan Materi Puasa (rbebe.id) Semoga bermanfaat. Tetap semangat.

(Tim Rbebe)

Kritik dan masukan mohon sampaikan kepada kami. Terimakasih.

Mari bantu (klik) Wujudkan 100 Materi Belajar Bagi Masyarakat.