Muhammad Shalallaahu 'Alayshi Wasallam

Tim RBeBe - 01 November 2023

Tulisan ini disarikan dari berbagai sumber (tulisan berwarna biru menyambung ke wikipedia) dan ditujukan khususnya untuk pengetahuan umat Islam.

Muhammad dikenal sebagai nabi terakhir yang sangat dicintai dan dijunjung oleh umat Islam. Ia menyebarkan ajaran Islam dan menegakkan Tauhid untuk mengesakan Allah.

Nama 

Muhammad yang juga dikenal dengan nama Ahmad, mempunyai arti 'yang banyak dipuji'. Tambahan Shalallaahu 'Alayshi Wasallam (yang sering disingkat dengan SAW dimana artinya: 'semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya') ada setelah para para sahabat memanggil Muhammad dengan gelar Rasul Allah.

Lahir

Banyak umat muslim meyakini Muhammad lahir tahun 570 (masehi) pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun Gajah, tepatnya pada hari Senin, di Mekah, Arab dari salah satu klan suku Quraisy yaitu Bani Hasyim. Namun ada juga umat yang menetapkan tanggal yang berbeda. 

Muhammad dilahirkan oleh Aminah bin Wahab, dimana suaminya (ayah Muhammad) yaitu Abdullah bin Abdul Muthalib yang berprofesi sebagai saudagar, meninggal dunia saat Muhammad baru 2 bulan dalam kandungan Aminah. Saat Muhammad lahir, ayahnya sudah tiada.

Agama

Muhammad diangkat menjadi rasul di tahun 610 ketika wahyu pertama diturunkan kepada Muhammad yang berusia 40 tahun melalui malaikat Jibril, saat Muhammad berada di gua Hira. Muhammad menyebarkan Islam secara terbuka tiga tahun kemudian di tahun 613. Ayat Quran diturunkan kepada Muhammad selama 23 tahun sampai akhir hidupnya.

Kegiatan

Muhammad berdagang sejak ia berusia remaja (umur 12 tahun ia sudah melakukan perjalanan niaga bersama pamannya, Abu Thalib), Muhammad aktif menyebarkan ajaran Islam sejak pengangkatannya sebagai rasul di usia 40

Istri

  • Muhammad menikah pertama kali di usia 25 tahun dengan seorang janda beranak tiga bernama Khadijah yang berusia mendekati 40 tahun. Mereka dipertemukan karena sesama pedagang yang bekerjasama dengan baik. Khadijah wafat saat berusia 64 tahun.

  • Setelah Muhammad menjadi duda selama 1 tahun dan berusia 50 tahun, ia menikahi Saudah, seorang janda berusia 55 tahun dengan 5 anak yang ditinggal mati suaminya. Muhammad berniat meringankan penderitaan, meningkatkan derajat, dan menjaga Saudah dari fitnah kaum musyrik Makkah.

  • Muhammad menikahi Aisyah karena sebuah mimpi didatangi malaikat hingga tiga kali, sampai kemudian ia benar-benar menikahi Aisyah yang saat itu seorang gadis (belum menikah)

  • Seluruh istri Muhammad (menurut Sahih al-Bukhari Kitab Nikah, bab banyak isteri, nomor 4679) berjumlah 9 orang. 

Terkait jumlah istri Nabi Muhammad, terdapat pandangan yang berbeda. Ada yang mengatakan 12, 13 dan (klik) Video Kisah 14 Orang Isteri Muhammad (TEMAN BERCERITA).

Anak

Nabi Muhammad memiliki tujuh anak, tiga laki-laki dan empat perempuan. Enam anak dari Khadijah (Qashim, Abdullah, Zaenap, Ruqayah, Ummi Kultsum dan Fatimah) dan satu anak dari Mariyah yang bernama Ibrahim. 

Dari ketujuah anaknya, tiga yang laki-laki yaitu Qashim, Abdullah dan Ibrahim, meninggal saat masih berusia dini.

Wafat

Nabi Muhammad wafat saat berusia 62 tahun di tanggal 8 Juni 632 di Madinah, Arab dalam pangkuan Aisyah. Jenazah Muhammad dimakamkan di Rumah Aisyah, kompleks Masjid Nabawi.

(Tim RBeBe)
Masukan dan saran, mohon disampaikan kepada kami. Terimakasih.

Mari bantu (klik) Wujudkan 100 Materi Belajar Bagi Masyarakat.