Jantung & Kesehatannya

Tim RBeBe - 05 May 2024

Jantung adalah organ tubuh yang bertugas memompa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah. 

Lokasi jantung berada pada bagian dada, pada umumnya terletak di bawah paru-paru sebelah kiri. Di lokasi tersebut, kita dapat merasakan detak jantung, dimana itu adalah aktifitas jantung yang sedang memompa darah. 

Jantung bisa dikatakan sebagai anggota tubuh yang paling vital setelah otak (walau ada juga yang mengatakan jantung yang lebih vital). Kita bisa membayangkan bahwa sepanjang hidup manusia, jantung tetap konsisten bekerja memompa darah sampai 100.000 kali sehari agar manusia tetap hidup. 

Gaya Hidup Buruk & Baik bagi Jantung

Gaya hidup keseharian akan menentukan kesehatan tubuh (termasuk jantung) dan pikiran seseorang. Berikut gaya hidup yang buruk dan yang baik:

BURUK

BAIK

Makan berlemak terlalu banyak (kolesterol buruk/LDL jadi tinggi)

Makanan sehat, rendah lemak, berserat

Kurang olah raga, kurang gerak

Perbanyak gerak & olah raga

Merokok

Tidak merokok

Kurang istirahat, kurang tidur, stress tak terkendali, suka asin/garam berlebih (hipertensi atau tekenan darah tinggi meningkat)

isitirahat dan tidur cukup, kendalikan stress, batasi asupan garam/rasa asin

Makan berlebih (kelebihan berat badan)

Makan secukupnya

Makan manis-manis/gula berlebih (penyakit diabetes)

Batasi asupan gula

Ingat ! Yang perlu kita jaga adalah kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah, berat tubuh dan kadar stress dalam ukuran & takaran yang sehat atau normal, selain-tentu saja-, sehat dalam sisi lain seperti asupan air, kekuatan otot, produktifitas sampai kebahagiaan.

Kurang Tidur dan Gangguan Jantung

Gaya hidup manusia modern yang sibuk dan mengejar prestasi membuat berkurangnya waktu tidur. Hal ini berbahaya bagi kesehatan termasuk jantung. Kurang tidur menyebabkan banyak dampak seperti tekanan darah menjadi tinggi, imunitas turun dan lainnya.

Kardiovaskuler/Penyakit Jantung & Pembuluh Darah yang Banyak Terjadi

Penyakit jantung biasanya terjadi karena penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah karena lemak, sehingga suplai darah ke jantung terhambat dan (atau) terjadi plak atau penggumpalan darah. Penyakit jantung bisa juga terjadi karena bawaan sejak lahir dimana organ atau fungsi jantungnya mempunyai kelemahan atau kekurangan. Berikut beberapa penyakit jantung yang banyak terjadi:

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyempitan pembuluh darah koroner (yang tugasnya mengalirkan darah kaya oksigen untuk sel-sel otot jantung) sehingga oksigen tidak akan sampai ke jantung dimana menyebabkan fungsi jantung terganggu.

Penyempitan pembuluh darah ini biasanya disebabkan adanya plak lemak menumpuk (aterosklerosis). Bila pemenumpukan semakin banyak, penyempitan pembuluh darah kian meluas. Hal inilah yang akan memicu serangan jantung tiba-tiba.

Untuk mengetahui kondisi jantung bisa dilakukan kateterisasi jantung atau CT Scan koroner.

2. Penyakit/Gangguan Katup Jantung

Penyakit yang biasa dikenal juga dengan katup bocor pada jantung ini menimbulkan gejala sesak napas hingga rasa cepat lelah yang bisa disebabkan oleh infeksi, kelainan bawaan, komplikasi darr penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi atau akibat proses penuaan.

Pemeriksaan echocardiography (USG jantung) diperlukan untuk gangguan ini. 

3. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung yang disebabkan kelainan sejak lahir. Biasanya, penyakit jantung bawaan pada bayi adalah penyakit jantung bocor. Ada juga berbagai macam kelainan jantung lainnya.

4. Gangguan Irama Jantung

Jantung yang tidak berdetak dengan ritme yang teratur. Penderita gangguan ini biasanya merasakan berdebar-debar, pusing atau pingsan. Kelainan ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), holter atau spyder.

Klik Berbagai Pengetahuan Tentang Jantung

Klik situs doktervito.com, spesialis jantung.

(Tim Rbebe)

Masukan dan saran mohon sampaikan kepada kami. Terimakasih.