Imlek Adalah

Tim RBeBe - 09 February 2024

Klik Imlek @Wikipedia untuk pemahaman termasuk penanggalan Imlek (yang dikenal juga dengan Tahun Baru China). Penjelasan Video Imlek oleh Mandarin Corner menjelaskan dengan berbagai gambar dan video ilustrasi.

新年快乐/新年快樂 / Xīnnián kuàilè (selamat tahun baru) dan 恭喜发财 / Gōngxǐ fācái (selamat dan semoga banyak rezeki) adalah sebagian ucapan selamat yang diucapkan saat Imlek.

Imlek adalah suatu budaya dan tradisi turun temurun masyarakat Tionghoa yang tidak terkait dengan agama tertentu, namun setiap orang Tionghoa atau keturunannya saat Imlek biasanya akan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sebagai ungkapan syukur dan harapan baik di tahun yang akan dijalani.

Tahun Baru & Penanggalan China

Tahun Baru Imlek @Wikipedia merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (Hanzi: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh (十五暝 元宵節) pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī (除夕) yang berarti "malam pergantian tahun".

Hari" dalam Kalender Tionghoa dimulai dari pukul 23:00 dan bukan pukul 00:00 tengah malam). Terdapat 12 bulan dalam 1 tahun, tetapi setiap 2 atau 3 tahun sekali terdapat bulan ganda Contohnya tahun 2023 (kalender Masehi) adalah tahun 2574 dalam kalender China (Klik Imlek @Wikipedia). 

Tahun dan Shio

Merujuk dari 5 elemen alam, yaitu Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air yang disebut wǔxíng, tahun ini adalah tahun bagi elemen air.

(Klik) Shio @Wikipedia adalah simbol dari 12 hewan (tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi) yang mewakili tahun tertentu dalam astrologi China.  Sesuai jumlah hewan yang dijadikan simbol, shio akan berulang setiap 12 tahun, contohnya bila tahun ini adalah naga, maka 12 tahun kemudian akan berulang shio naga kembali.

Lebih lanjut lagi, masing-masing simbol hewan mempunyai sifat tertentu yang dikelompokan pada Yin atau Yang, yaitu suatu filosofi China/Tionghoa dimana terdapat kekuatan yang saling berlawanan namun berhubungan dan menyatu, saling mendukung satu sama lain. Kelinci termasuk kelompok "Yin".

Kebiasaan Saat Imlek

Kebiasaan ini berasal dari budaya dan tradisi serta mempunyai makna dan nilai filosofis tertentu

  • Bersih-bersih dan mendekorasi dengan ornamen (termasuk lampion) yang biasanya berwarna merah

  • Kumpul keluarga dan makan bersama dengan berbagai hidangan khas Imlek (mie goreng, ikan, kue keranjang, kue mangkuk, lumpia, jeruk mandarin, manisan dll)

  • Berdoa

  • Berbagi angpau

  • Adanya pertunjukan Liong dan Barongsai

  • Menyalakan petasan dan kembang api

Klik untuk Serba-Serbi Imlek. Semoga bermanfaat. Tetap semangat.

(Tim Rbebe)